2009 : Saatnya berhemat, sediakan dana darurat!

12 01 2009

Tulisan ini terinspirasi setelah tadi pagi saya menonton dialog tentang financial planning untuk keluarga oleh Ligwina Hananto di liputan6 pagi sctv. Ligwina Hartanto adalah financial planner dari tujuanloapa.com.

Setelah saya menyaksikan tayangan tersebut, wawasan saya jadi lebih terbuka akan pentingnya dana darurat untuk mengantisipasi kejadian-kejadian tak terduga seperti kalau tiba-tiba saya kehilangan penghasilan utama saya. (lebih tepatnya, sadar kalau selama ini saya kurang bisa mengatur keuangan dengan baik).

Adapun pengertian dari Dana darurat (dikutip dari sini) adalah dana yang siap digunakan untuk :

  • Keperluan darurat seperti masuk rumah sakit atau membantu keluarga
  • Keperluan pemenuhan tujuan finansial jika investasi tidak mencapai hasil maksimal
  • Keperluan pemenuhan biaya hidup jika tidak bekerja / tidak memiliki penghasilan untuk sementara waktu

Dana darurat tersebut sendiri akan berguna untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari jika suatu saat nanti kita kehilangan penghasilan utama kita. Sebisa mungkin, sisihkan minimal 10% dari total pengeluaran tiap bulan. Dana darurat yang harus tersedia jumlah idealnya minimal 4x pengeluaran perbulan (untuk lajang), dan jumlahnya semakin meningkat untuk pasangan yang sudah berumah-tangga, memiliki 1 orang anak, 2 orang anak, pensiunan, hingga pekerja freelance. Untuk lengkapnya, gunakan kalkulator yang ada disini.

Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi untuk Anda semua, khususnya untuk diri saya sendiri akan pentingnya hidup hemat dan financial planning.

sumber: tujuanloapa.com

Actions

Information

Leave a Reply

