Google & Yahoo Search di-redirect ke searchweb1.com,kenapa ya?

8 12 2010

Hampir 1 minggu kebelakang, saya menemukan sedikit masalah pada notebook saya. Seperti pada judul, ketika saya browsing dan ingin melakukan search menggunakan google, selalu ter-redirect ke halaman searchweb1.com. Saya coba yahoo search pun sama. Ada apakah gerangan? Awalnya saya tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, karena akhirnya saya menggunakan alternatif Bing Search Engine. Tapi lama kelamaan saya merasa terganggu karena rupanya semua alamat yang mengarah ke semua domain google selalu di-redirect ke searchweb1.com sialan itu,termasuk gmail.

Berdasarkah hasil browsing, ternyata itu disebabkan oleh malware yang “menipu” ¬†dan kemudian menginstall dirinya ke komputer kita ketika kita mendapatkan hasil yang tidak diharapkan ketika akan melakukan search tadi.

Tampilan Searchweb1.com

Tampilan Searchweb1.com

Untuk mengatasinya saya menggunakan tools HijackThis. Bisa di-download disini. Ketika proses download selesai, run file HijackThis.exe, tampilan awal akan seperti ini :

HijackThis

Tampilan Awal HijackThis

> Pilih Options : Do a system scan and save a logfile.

> Klik button scan. Akan muncul hasil seperti berikut :

Scan

Scan

> Cari list yang mengandung kata-kata google.com,google.co.id,yahoosearch.com dan semua domain google yang disebabkan oleh sebuah alamat ip address yang tidak dikenal. (My bad, option file sebelumnya terhapus. Jadi lupa persisnya :p )

> Klik button Fix checked.

Setelah itu coba cek dengan memasukkan alamat : google.com pada browser. Pada kasus saya, sudah berhasil.

Catatan : HATI-HATI sebelum menekan button Fix Checked, karena tools ini akan menghapus beberapa settingan sehingga menyebabkan beberapa sistem tidak berjalan.

Selamat mencoba…

Actions

Information

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

